Monday, October 21, 2019

Descriptive Text

Belajar Bahasa Inggris itu Mudah.... ayo sekarang kita belajar tentang Descriptive text.





Descriptive Text is a text that describe something, such as human, animal, thing, or place, and its' detail. diartikan bahwa teks deskriptif merupakan sebuah teks yang menggambarkan sesuatu, seperti orang, hewan, benda, atau tempat, secara mendetail atau secara lengkap. Dalam mendeskripsikan suatu object disini berarti menyebutkan sifat – sifat atau karakteristik dari sesuatu yang akan kita deskripsikan tersebut. Jadi deskripti teks adalah suatu teks yang menggambarkan suatu objek secara mendetail, dari sifat, bentuk, dan warna. 
Nah setelah tau apa tu descriptive text sekarang kita harus mengetahui tujuannya, struktur pembentuk dalam teks ini dan apa saja tata bahasa yang di gunakan dalam teks ini.
Tujuan Dari Teks ini yakni untuk menggambarkan segala sesuatu benda baik itu berupa manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat-sifat yang ada dan melekat padanya seperti ukuran, jenis, warna, dan sebagainya sehingga pembaca dapat mengetahui seperti apa sesuatu itu dari gambaran yang kita sampaikan walau belum pernah melihatnya.
Struktur Pembentuk Teks Deskriptif 
Di dalam mempelajari semua teks pasti harus mengenal generic structure. Istilah ini dipakai untuk menunjukkan bagaimana teks itu disusun sehingga pesan dan maksudnya lebih mudah tersampaikan kepada pembacanya. Berikut adalah generic structure teks descriptive bahasa Inggris.

1. Identification: Megnidentifikasi phenomena atau benda  atau object tertentu yang akan 
    dideskripsikan.mulai dari bentuknya, sifatnya, ukuran dan lain sebagainya.

2. Description: Menjelasakan bagaimana rupa dan ciri-ciri hal yang sedang dideskripsikan tersebut. Secara umum apa yang menjadi patokan penggambaran teks jenis ini adalah bagian-bagian objek (parts),  kuwalits objek (qualities), atau cicir ciri da kebiasaanya (characteristics). 
Nah sedangkan bahasa yang di gunakan adalah
1 Simple Present, kalimat yang menngunakan kata kerja asli atau kata kerja pertama, dan jika di ikuti kata sifat maka akan di tambahkan to be is, am, are.
 Nah sekarang kita akan masuk ke contoh teks deskriptif.
perhatikan gambar berikut 
hayo siapa itu,,,,,

ok kita mulai dari identifikasi

identifikasi
1. Hair (Rambut)
2. Nose (hidung)
3. Lips (Bibir)
4. Glasses (Kacamata)
5. Skin (kulit)
6. Shirt (Kaos)

Description.

His Name is Lee min ho, he is very handsome, he is a famous actor in korea. He has black short hair, His Nose is pointed, he has beautiful lips, he wears colorfull glasses, his skin is white and he waears a grey shirt.

contoh tentang hewan




       Elephant
Elephant is a herbivor animal and eat all almost all of the vegetations and fruits. They have almost hairless skin, wide ears, four legs, and long trunk. Elephants is known as the largest mammals. The elephants also have very sharp auditory because they have big and wide ears. By these ears, they can hear sounds from a distance about tens kilometer. At the back of the ears, they have one of the softest parts of their body which is called the knuckle. In a zoo, Mahouts (elephant trainers) use their feet to steer or give commands to the animal via tha knuckle. Now, they are a kind of protected animals because their population remains little in their habitat. Their population began to decline year by year.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.